Tuesday 6 December 2016

Sungguh Besar Manfaat Air Udhu' Dalam Tinjauan Medis Bagi Kesehatan Tubuh

 النظافة من الايمان
   Yang artinya ''Kebersihan itu termasuk sebagian dari iman''.

Sungguh Besar Manfaat Air Udhu' Dalam Tinjauan Medis Bagi Kesehatan Tubuh, Kulit adalah merupakan organ terbesar tubuh kita yang fungsi utamnya membungkus tubuh serta melingdungi tubuh kita dari berbagai ancaman kuman, racun, radiasi juga mengatur suhu tubuh, fungsi ekskresi (pembuangan zat-zat yang tak berguna melalui pori-pori), dan media komunikasi antar sel syaraf untuk rangsangan nyeri, panas, dan sentuhan secara tekanan.

Begitu besar fungsi kulit, maka kesetabilannya ditentukan oleh pH (derajat keasaman) dan kelembaban. Bersesuci dari hadast kecil (udhu') merupakan salah satu metode untuk menjaga kesetabilan tersebut khususnya kelembaban kulit. Udhu' adalah rangkaian ibadah yaang harus dilakukan sebelum melaksanakan shalat dan ibadah-ibadah yang membutuhkan kesucian dari hadast kecil, seperti thawaf, ihram, menyentuh al-Qur'an dan lain-lain.

Di balik ibadah wudhu' ini terdapat terdapat banyak kandungan hikmah, di antaranya menurut tinjauan medis, manfaat melakukan kesunahan dan kewajiban pada uduhu', sebagaimana di bawah berikut:
Sungguh Besar Manfaat Air Udhu' Dalam Tinjauan Medis Bagi Kesehatan Tubuh

➣ Istinsyak
Istisyak (mengirup air ke dalam hidung) sebanyak 3 kali kemudian menyemburkannya setiap kali udhu', adapun manfaatnya dapat menghentikan perkembang biakan berbagai mikroba pada hidung. Berkembangnya mikroba sangat berbahaya di dalam rongga hidung dapat mejadi proses yang mengakibatkan keracunan yang kemudian menjalar kedalam tenggorokan lalu menjadi peradangan dan berbagai macam-macam penyakit.

➣ Madhmadhah
Madhmadhah (berkumur-kumur) di waktu berwudhu', adapun manfaatnya dapat menjaga kebersihan mulut dan kerongkongan dari peradangan dan pembusukan pada gusi, menjaga gigi dari sisa-sisa makanan yang menimpel di sela-sela gigi, serta menghilangkan kuman dan bau yang tidak sedap. Berkumur-kumur juga akan menyegarkan berbagai organ yang ada di wajah dan menjadikan cerah.

➣ Mashul Wajhi
Mashul wajhi (membasuh muka) dari debu-debu, berbagai bakteri, lemak dan minyak yang terdapat pada wajah sebab aktivitas seharian kita bisa bersih dengan berwudhu' ketika membasuh wajah, pun pula dari keringat dan kotoran lainnya yang keluar melaui pori-pori kulit. Manfaat yang paling efektif selain di atas untuk releksasi (menjadikan badan rileks) dan menghilangkan tensi tinggi (emosi).

Baca Juga: Mendeteksi Lailatul-Qodar
                  : 24 Jam Meraih Pahala


➣ Mashul Yadaini Ilal-Mirfaqoyni
Mashul Yadaini Ilal Mirfaqoyni (membasuh kedua tangan sampai siku) sudah terbukti secara ilmiah kulit manusia mudah terserang penyakit apabila kadar kebersihan kulitnya rendah. Sebab ketika lama beraktivitas tanpa membasuh anggota badannya, maka permukaan kulit akan terserang penyakit peradangan, adapun manfaat di antaranya adalah bisa menjegah penyakit kudis. Kudis ini menyerang ujung jari-jari yang sebagian besar tidak dalam keadaan bersih, sehingga masuklah berbagai mikroba kedalam kulit.
Sungguh Besar Manfaat Air Udhu' Dalam Tinjauan Medis Bagi Kesehatan Tubuh

➣Mashur-Rijlaini
Mashur-Rijalaini (membasuh kedua kaki) para dokter mengatakan bahwa mencuci kaki dangan cara diusap dengan baik manfaatnya akan melindungi kulit dari infeksi kotoran kaki dan berbagai penyakit kulit yang terdapat di tempat itu. Kedua kaki dan kedua betis adalah organ-organ yang paling lemah dibandingkan organ tubuh lainnya, karena jauh dari pusat peredaran darah, jantung.

Kiranya cukup sampai di sini tentang Sungguh Besar Manfaat Air Udhu' Dalam Tinjauan Medis Bagi Kesehatan Tubuh ini, semuga yang membaca artikel kami ini selalu diberi kesehatan serta jauh dari fitnah, dan semuga pengarangnya selalu mengalir ilmunua, sehingga kita dapat mengambil hikmahnya. Amin Ya Robbal Alamin.


                                                                                                                                   BULETIN Sidogiri

0 komentar:

Post a Comment

MASUKAN KOMINTAR DISINI