Monday 13 June 2016

Tata Cara Mengeluarkan(Memberi) Zakat Fitrah

Bulan puasa adalah bulan yang penuh rahmat dan ampunan dari Alloh Swt, Di dalam bulan tersebut umat Islam di wajibkan berpuasa, setelah 1 bulan penuh menunaikan ibadah puasa ramadhan baru tibalah hari raya dul fitri. Hari raya idul fitri adalah hari yang ditunggu-tunggu bagi semua umat islam dan hari sepesial tersebut jatuh pada tanggal 1 syawal dan pada hari itu umat islam ber bondong-bondong ke masjis untuk menunaikah shalat idul fitri dan setelah itu saling ma'af -ma'afan.

   Namun sebelum tiba hari tersebut kita sebagai umat islam diwajibkan untuk mengeluarkan atau membayar zakat fitrah bagi orang yang mampu. Zakat fitrah diberikan pada golongan yang berhak menerimanya, dengan bertujuan menbersihkan diri untuk menyambut 1 syawal setelah kita menahan lapar dan haus selama satu bulan.
Tata cara zakat fitrah yang lebih utama dilakukan atau diberikan sebelum melaksanakan shalat idul fitri, adapun yang harus dikeluarkan adalah berupa makanan pokok dinegara sendiri, untuk besaran zakat yaitu 3,5 liter atau setara dengan 2,5 kg seperti beras atau gandum, atau bisa membayarnya dengan memakai uang yang menyamai harga beras tersebut. Dan semua pekerjaan tidak akan akan sah kalau tidak di sertai dengan NIAT, niat zakat fitrah bisa di ucapkan dengan lisan atau dengan hati kita.
Tata Cara Mengeluarkan(Memberi) Zakat Fitrah



          Dibawah ini kami akan memberi tau Niat zakat fitrah. ini niatnya;

1. Zakat fitrah untuk diri sendiri

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِيْ فَرْضًا للهِ تَعَالَى

2. Zakat fitrah untuk anak

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ فَرْضًا للهِ تَعَالَى

3.Zakat fitrah untuk istri

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا للهِ تَعَالَى

Cukup sekian dari kami tengtang Tata cara mengeluarkan zakat fitrah, semuga artikel ini dapat membantu anda dan bermanfaat, Amin Ya Robbal Alamin.

0 komentar:

Post a Comment

MASUKAN KOMINTAR DISINI