Monday 4 April 2016

Tata Cara Mencetak Anak Shaleh Dan Shalehah

Mencetak Anak Shaleh Dan Shalehah
Semua orang tua tentunya menginginkan anak-anaknya menjadi orang yang berguna, berbakti kepada orang tua, agama dan bangsa. Namun, keinginan tampa upaya adalah angan-angan kosong. Untuk itu, di sini kami akan merangkum tips-tips dari beberapa hadist dan kitab mu'tabarah agar dapat memiliki atau mencetak anak shaleh dan shalehah, sebagaiman brikut:

1. Memilih Calon Istri
   Seoarang Istri memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan perangai anak. Dia adalah guru pertama yang setiap waktu berinteraksi dengannya. Dari inilah Nabi Muhammad Saw menganjurkan semua umatnya untu menselektif memilih calon istri yang baik bagi anak-anak kita. Beliau bersbda: ''Pilihlah (tempat yang baik) untuk spermamu, dan nikahilah wanita-wanita yang kufu' atau serasi, dan nikahkanlah mereka'' (HR. Al-Hakim).

2. Membaca Doa Diwaktu Bersenggama
   Nabi Muhammad menganjurkan untuk umatnya agar mendoakan anak kita,waktu ia akan pindah dari tulang  rusuk ayah pada rahim ibu (diwaktu akan keluar mani) berikut doanya:

   بسم الله اللهم جنبنا من الشيطان وجنب الشيطان ما رزقتنا
Yang artinya:''Dengan menyebut nama Alloh, Ya Alloh jauhkanlah kami dari gangguan setan, dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau karuniakan kepada kami'' (HR.Bukhari Muslim).

3.Memberi Nafkah Yang Halal
   Seorang suami harus memberi nafkah pada istri yang sedang hamil dan anak-anaknya lain dengan  rizki yang halal, sebab makanan yang haram mnyebabkan dampak nigatif bagi si anak. Dalam sebuah hadist Rosululloh bersabda yang artinya:'' Setiap daging yang tubuh dai perkara haram, maka api nerakalah yang lebih utama baginya''(HR.Al-Baihaqi). 

4. Mengazdani Dan Mengiqomahi
    Mengumandangkan azdan ditelinga kanannya dan mengiqomahi ditelinga kirinya. Nabi Muhammad Saw bersabda:''Barang siapa yang dikaruniai anak, kemudian orang tersebut melantunkan adzan ditelinga kanannya dan mengiqomahi di telinga kirinya, makaselamatlah dia dari bisikan jin''.(HR. Ibnu Sinni).

5. Men-tahni' 
   Dianjurkan meminta tolong kepada ahlul-khair (orang yang taat agamnya) untuk men-tahni'nya dengan kurma atau makanan-makanan yang manis dan tidak dimasak. Dalam hal ini bedasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Asma' Binti Abi Baka As-Siddiq, Dia berkata: ''Saat aku melahirkan abdulloh bin zubair, lalu aku membawanya kepada Rosululloh dan aku meletakkan dia dikamarnya Nabi. Setah itu Nabi muhammad datang dengan membawa kurma, lalu Beliau mengunyahnya dan kemudian di suapkan kepda Abdulloh''. : HR Buhari Muslim).

6. Menyambelih Akikah   
   Pada saat bayi berumur 7 hari, bagi orang tua laki-laki dianjurkan untuk menyambelih kambing, kalau anak yang dilahirkan laki-laki maka dianjurkan menyambelih dua ekor kambing, kalau yang dilahirkan berupa perempuan maka dianjurkan menyambelih satu ekor kambing (akikah) hal sedemikian tersebut sebagai tanda gembira atas nikmat yang telah diberikan oleh Alloh Swt. Karena Nabi Muhammad Saw bersabda: ''Setiap bayi mempunyai akikah, maka alirkanlah darah dan buanglah darinya kotoran'' (HR.Bukhari dari Salaman Bin Ad-Dhabi).

7. Memberi Nama Yang Baik
   Nabi Muhammad Saw menganjurkan umatnya untuk memberi nama yang baik pada anak-anak kita, karena nama adalah doa untuk si bayi. ''Nama-nama yang sangat disukai oleh Alloh adalah Abdulloh dan Arrohman'' (HR. Muslim). Saat memberi nama yang baik, kedua orang tua harus menaruh harapan baik, nama-nama yang kurang baik sunnah diganti dengan nama yang islami. Karena Nabi Muhammad mengubah atau meng ganti nama-nama Sahabat yang kurang baik dengan nama yang baru dan islami (HR. Bukhari).

8. Mendidik Anak
   Langkah yang sangat penting bagi kedua orang tua adalah mendidik anak dengan baik. Sebab pendidikan sangat memiliki andil bagi perkembangan si anak, terutama yang harus di ajarkan adalah pendikan tentang kekeluargaan. Sebab anak kecil ta'ubahnya seperti kertas putih, watak dan karakternya sangat tergantung pada pendidikan. Rumah adalah merupakan kelas pertama bagi anak kecil, sedangkan orang tua adalah guru pertamanya.

 Semuga kita dikaruniai Anak yang Shaleh dan Shalehah,  Amin Ya Robbal Alamin

0 komentar:

Post a Comment

MASUKAN KOMINTAR DISINI